Model Referensi OSI

Share:

Jaringan Komputer (Model Referensi OSI)


Komunitas Belajar Komputer - Banyak sistem jaringan dibangun dengan hardware dan software yang berbeda. Hasilnya, sistem jaringan banyak yang tidak kompatibel dan ini menyulitkan sistem jaringan menggunakan spesifikasi yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Untuk mengatasi masalah ini International Standardization Organization (ISO) membuat sebuah model jaringan yang membantu pembangun sistem jaringan mengimplementasikan jaringan yang dapat berkomunikasi dan bekerja sama dan akhirnya, diluncurkanlah model referensi Open System Interconnection (OSI) di tahun 1984.
Satuan informasi yang berjalan dalam sebuah jaringan disebut paket data. Di dalamnya terdapat alamat sumber dan tujuan serta informasi lain yang diperlukan untuk melakukan komunikasi dan menjamin tidak terjadi kesalahan. Konsep layer membantu memahami peristiwa yang terjadi selama komunikasi dari satu komputer ke komputer lain. Caranya adalah dengan merinci komunikasi yang kompleks menjadi tugas-tugas diskrit yang lebih sederhana dalam layer-layer.


Persamaan antara model OSI dan TCP/IP :

  1. Sama-sama memiliki layer (lapisan).
  2. Sama-sama memiliki Application layer walaupun memiliki layanan yang berbeda.
  3. Keduanya memiliki transport dan network layer yang sama.
  4. Asumsi dasar OSI dan TCP/IP adalah menggunakan teknologi packet switching, bukan circuit-switching ( Teknologi Circuit-Switching digunakan pada analog telephone).
  5. Keduanya sama-sama mempunyai transport dan network layer yang bisa diperbandingkan.
  6. Sama-sama menggunakan teknologi packet-switching.

Model referensi OSI adalah model komunikasi jaringan yang paling banyak digunakan oleh vendor (pembuat) sistem jaringan. Model ini adalah alat terbaik untuk memahami bagaimana data dikirim dari program aplikasi melalui media jaringan ke program aplikasi pada komputer lain dalam sebuah jaringan, bahkan jika pengirim dan penerima memiliki tipe jaringan yang berbeda. Model OSI membantu Anda melihat fungsi jaringan yang terjadi pada setiap layer.
Dalam model referensi OSI terdapat 7 layer, dimana setiap layer memiliki fungsi jaringan yang berbeda:
    Layer 7. Application 
    Layer 6. Presentation
    Layer 5. Session
    Layer 4. Transport
    Layer 3. Network
    Layer 2. Data link
    Layer 1. Physical

Application layer

# Application layer (Layer 7 OSI) adalah layer OSI yang terdekat dengan user; menyediakan network services bagi aplikasi user. Berbeda dengan layer yang lain, Layer 7 tidak menyediakan service bagi layer OSI lain. Contoh aplikasi ini adalah program spreadsheet, word processing, dan terminal bank.
Layer 7 menetapkan adanya partner komunikasi yang diinginkan, menetapkan dan mensinkronkan kesepakatan prosedur untuk error recovery serta mengotrol integritas data. Jika ingin mengingat Layer 7 dengan beberapa kata, pikirkan tentang browsers.

Presentation layer

#Presentation layer (Layer 6 OSI) memastikan bahwa informasi yang dikirim oleh Layer 7 sebuah sistem dapat dibaca oleh Layer 7 sistem yang lain. Jika diperlukan, Layer 6 akan menerjemahkan di antara format data yang banyak dengan menggunakan format data umum (common data format). Jika ingin mengingat Layer 6 dalam beberapa kata, pikirkan tentang common data format.

Session layer

#Session layer (Layer 5 OSI) menetapkan, mengatur, dan menghentikan sesi antara dua host yang berkomunikasi. Layer 5 menyediakan services bagi Layer 6 dan mensinkronkan dialog antara dua Layer 6 serta mengatur pertukaran data mereka. Disamping mengatur sesi, Layer 5 menyediakan perlengkapan untuk transfer data yang efisien, kelas pelayanan dan laporan pengecualian masalah Layer 5, 6 dan 7. Jika ingin mengingat Layer 5 dalam beberapa kata, pikirkan dialog dan percakapan (conversation).

Transport layer

#Transport layer (layer 4 OSI) membuat segment data pada sistem host yang mengirim kemudian mengumpulkan kembali menjadi aliran data pada sistem host yang menerima. Secara khusus Layer 4 menjamin transport antara dua host. Dalam menyediakan pelayanan komunikasi, Layer 4 menetapkan, menjaga dan menghentikan sirkuit virtual. Dalam menyediakan reliable service, Layer 4 menggunakan transport error detection-dan-recovery serta information flow control. Jika ingin mengingat Layer 4 dalam beberapa kata, pikirkan tentang quality of service dan reliability.

Network layer

#Network layer (Layer 3 OSI) adalah sebuah layer yang kompleks yang menyediakan skema pengalamatan, konektifitas dan pemilihan lintasan (path selection) antara dua sistem host yang mungkin berlokasi pada jaringan yang terpisah secara geografis. Jika ingin mengingat Layer 3 dengan mudah, pikirkan tentang pemilihan lintasan, perutean (routing), dan pengalamatan (addressing). 

Data link layer

#Data link layer (Layer 2 OSI) menyediakan transit data yang terpercaya yang melintasi sebuah sambugan langsung (physical link). Dalam melakukan hal ini, Layer 2 menggunakan pengalamatan fisik (physical addressing), topologi jaringan, akses jaringan, pemberitahuan kesalahan (error notification), pengiriman frame yang berurutan dan kontrol aliran. Jika ingin mengingat Layer 2 dengan mudah, pikirkan tentang frame dan kontrol akses media (media access control).

Physical layer

#Physical layer (Layer 1 OSI) mendefinisikan spesifikasi fungsional, prosedural, mekanikal dan elektrikal untuk mengaktifkan, menjaga dan mematikan sambungan langsung antara dua sistem. Misalnya tingkat tegangan, waktu perubahan tegangan, kecepatan data, jarak pengiriman maksimum, konektor fisik dll. Jika ingin mengingat Layer 1 dengan mudah, pikirkan tentang sinyal dan media.

Bersambung Model Referensi TCP/IP


Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!