Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Share:
Jenis - Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer

Komunitas Belajar Komputer - Terimakasih sudah berkunjung, kali ini pembahasannya tentang Jenis Jaringan Komputer, Oh iya artikel sebelumnya sudah membahas tentang Manfaat Jaringan, Pengertian Jaringan dan Jaringan Komputer, Manfaat Kabel Stright dan Cross, jika belum sempat berkunjung sempatkanlah waktu anda membuka link di atas.

Pada dasarnya jaringan komputer itu merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi atau bertukar data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer, Bedasarkan jangkauan area jaringan dan luasan segmen jaringan yang dibangun maka suatu jaringan komputer dapat digolongkan menjadi  beberapa kelompok atau jenis sebagai berikut :
1. PAN (Personal Area Network)
2. LAN (local area network)
3. MAN (Metropolitan Area Network)
4. WAN (Wide Area Network)
5. Internet 
6. Wireless

LAN (Local Area Network)

Berbicara tentang jaringan LAN pasti sudah tidak asing lagi, istilah yang satu ini cukup populer di kalangan siswa, mahasiswa dan juga masyarakat awam tentunya. Jaringan LAN memang sudah ada banyak sekali yang menggunakannya pada saat sekarang ini, baik itu instansi perkantoran maupun pendidikan dll, Jaringan LAN merupakan kepanjangan dari Local Area Network atau sering sekali orang - orang di luar sana menyebutnya jaringan local.
Local Area Network (LAN) dapat didefinisikan sebagai kumpulan komputer yang saling dihubungkan bersama didalam satu area tertentu yang tidak begitu luas, misalnya di dalam satu kantor atau gedung. LAN dapat juga didefinisikan berdasarkan pada penggunaan alamat IP komputer pada jaringan. Suatu komputer atau host dapat dikatakan satu LAN bila memiliki alamat IP yang masih dalam satu alamat jaringan, sehingga tidak memerlukan router untuk berkomunikasi. Perhatikan gambar berikut ini :
jaringan LAN
Secara garis besar, untuk bisa menggunakan jaringan LAN, persyaratannya sebuah komputer itu harus memilki sebuah NIC (network interface card) atau juga sering dikenal dengan istilah LAN Card/kartu jaringan. Dengan adanya LAN Card ini, maka sebuah komputer bisa terhubung dan juga terkoneksi ke dalam sebuah jaringna local, dan mengakses informasi dari server dan juga database. Fungsi LAN card itu sendiri merupakan pendukung dari koneksi jarngan LAN seperti halnya, membagikan koneksi internet ke ruangan lain, melakukan transfer data ke beberapa komputer user hingga untuk hiburan seperti bermain game dll.

Type Jaringan Local atau LAN

Secara umum, jaringan lokal atau jaringan LAN bisa terbagi menjadi dua jenis, yaitu client to server dan juga peer to peer LAN.

Karakteristik Jaringan LAN

Pada dasarnya LAN (local Area Network) mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi 

Demikian saja Sekilas Tentang Jaringan LAN (Local Area Network) jenis jaringan lainnya seperti Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan Internet akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!