Tips Mengatasi Laptop/Komputer yang Cepat Panas

Share:
Tips Mengatasi Laptop/Komputer yang Cepat Panas
Tips Mengatasi Laptop/Komputer yang Cepat Panas

Komunitas Belajar Komputer - Ada 7 hal yang erat kaitannya dengan suhu panas pada laptop atau komputer khususnya panas pada CPU. Ketujuh hal tersebut adalah processor , cooling fan , heatsink, power supply , overclock, software , dan sistem BIOS . Berikut merupakan masalah yang sering ditimbulkan oleh ketujuh hal tersebut dan tips untuk mengatasinya agar komputer anda bisa lebih tahan lama. 


  1. (Processor) Masalah yang sering dihadapi oleh processor  adalah processor  yang tertutup debu. Bila processor  tertutup debu maka suhu processor  akan cepat menjadi panas. Cara termudah mengatasinya adalah dengan membersihkan processor  secara reguler. Selain oleh debu, biasanya penyebab processor  menjadi panas adalah settingan voltase yang terlalu tinggi. Bila demikian, ubahlah settingan voltase menjadi standar. Bila anda tidak bisa merubahnya, mintalah bantuan teknisi atau rekan anda yang ahli. 
  2. (Cooling Fan) Cooling fan  atau blower alias kipas pendingin memegang peranan penting untuk pendinginan suhu komputer /CPU. Komputer murah biasanya menggunakan cooling fan  yang tidak standar. Bila demikian gantilah dengan cooling fan  yang standar.Sebab untuk pemakaian komputer yang tidak terlalu lama umumnya tidak akan terlalu berpengaruh pada panas processor . Processor  baru mulai akan terasa panas untuk pemakaian jangka waktu lama. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti Cooling fan  dengan cooling fan  yang standar. Masalah lain dari cooling fan  adalah debu. Cooling fan  yang tertutup debu akan mengurangi kinerja kipas cooling fan  untuk mendinginkan suhu processor  atau komputer. bersihkanlah debu yang menutupi cooling fan  dengan teratur.
  3. (Heatsink) Seperti halnya processor  dan cooling fan , debu juga menjadi masalah utama bagi heatsink. Debu yang menutupi heatsink juga akan membuat heatsink lebih cepat panas. Oleh karenanya anda juga harus membersihkan heatsink secara rutin. Dan bila memungkinkan, anda bisa mengganti heatsink dengan heatsink yang lebih besar atau lebih bagus yang dapat menyerap panas dan membuang panas tersebut lebih cepat.
  4. (Power supply) Maksud Power supply  yang bocor adalah power supply  yang menghasilkan tegangan lebih besar dari yang seharusnya sehingga tentu akan membuat komputer lebih cepat panas. Untuk mengetahu tegangan yang dihasilkan oleh power supply  anda dapat menggunakan avo meter. Dan bila power supply  anda ternyata kelebihan tegangan, sebaiknya anda mengganti dengan power supply  yang baru. Selain itu kipas atau blower power supply  juga harus rutin dibersihkan agar kemampuannya untuk membuang panas terjaga dengan baik.
  5. (Overclock) Overclock biasa digunakan untuk mempercepat kinerja komputer tetapi overclock akan membuat komputer lebih cepat panas. Bila anda ingin overclock, sebaiknya didukung dengan pendingin / coller yang bagus. Tips : Ketika anda menggunakan tambahan colling fan, perhitungkan pula daya yang dikeluarkan oleh power supply .
  6. (Software), Software  memerintahkan processor  untuk bekerja. semakin sering processor  diperintahkan untuk bekerja tentunya akan dapat membuat processor  menjadi lebih cepat panas. Anda bisa menggunakan software  yang mengatur agar processor  dapat didiamkan agar tidak terlalu banyak bekerja bila memang sedang tidak dibutuhkan.
  7. (Bios) Tips paling ampuh untuk menjaga agar komputer anda tidak cepat jebol adalah dengan mengaktifkan peringatan atau warning pada sistem BIOS  komputer anda untuk mengawasi suhu processor  yang terlampau tinggi. Jika suhu terlampau panas maka alarm akan segera berbunyi. sehingga anda dapat dengan cepat mematikan komputer dan menunggu komputer dingin terlebih dahulu. Sebagai catatan, processor  buatan AMD umumnya lebih cepat panas daripada processor  buatan intel sehingga ambang batas suhu aman yang diperbolehkan tentunya juga berbeda. Untuk lebih lanjut bacalah manual yang diberikan atau minta bantuan teknisi komputer

Semoga Bermanfaat...
Komunitas Belajar Komputer

No comments

Sampaikan lah apa yang sedang anda pikirkan saat ini setelah membaca artikel ini.
Kebingungan, Penasaran, Rasa terimakasih..
Atau apalah yang sedang terlintas di pikran anda.

Karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang rindu akan sebuah Interaksi

1. Baca lah
2. Berkomentar lah dengan Sopan
3. Kami Akan Berkunjung balik, Nantinya.

Komentar anda sangat membantu untuk perkembangan Blog ini.
Terimakasih...!!